05 Desember, 2013

Kenali Penyebab Komplikasi Diabetes




Namanya memang kencing manis, tapi penyakit diabetes mellitus tidaklah semanis namanya. Bila tidak pintar-pintar mengontrol gula darah, pasien diabetes harus rela menghadapi berbagai pahitnya penyakit komplikasi.

Diabetes merupakan penyakit yang kaya komplikasi. Kadar gula darah yang terus-menerus tinggi akan meracuni tubuh dan bisa menimbulkan kerusakan atau komplikasi. Jika komplikasi terjadi akan menimbulkan penebalan dinding pembuluh darah dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.
Komplikasi sebenarnya terjadi karena sifat gula yang bisa membentuk radikal bebas, di mana merusak dinding endotel pembuluh darah. Sehingga, struktur jaringannya berubah sehingga timbullah rantai kerusakan permanen di sistem tubuh.
Gula darah yang tinggi pada pasien diabetes bisa menyebabkan penumpukan atau kerusakan di dinding pembuluh darah, atau yang disebut dengan heterosklerosis. Perlu diketahui, seluruh tubuh dialiri oleh pembuluh darah, maka gula darah yang tinggi terus-menerus bisa menyebabkan pembuluh darah rusak dan mengakibatkan komplikasi mikrovaskuler atau maskrovaskuler. Seluruh organ tubuh bisa kena.
Berdasarkan proses dan jangka waktu terjadinya, komplikasi diabetes mellitus dibedakan menjadi 2 jenis yakni jangka panjang dan jangka pendek. Komplikasi jangka panjang bersifat kronis, sedangkan komplikasi jangka pendek sifatnya akut dan sama-sama bisa mematikan.



Terima kasih Atas kunjungan Anda... semoga bermanfaat saran anda sangat kami butuh kan... makasih.. tedy untuk Konsultasi Gratis hub JANGAN LUPA KLIK YANG INI kunjungi web ini juga ya..http://www.talkfusion.com/1131704 Dr. Bob 081281277583 robert_hatibie@yahoo.com email: tdantco@gmail.com http://a-madu.blogspot.com

Tidak ada komentar: