30 Mei, 2009

Kehamilan dan Diabetes

Kehamilan dan Diabetes


Buat perempuan penderita diabetes, kehamilan bisa jadi mengkhawatirkan. "Apakah diabetes saya tidak akan menimbulkan komplikasi?" atau "Apakah kehamilan saya akan baik-baik saja?" adalah sedikit dari banyak pertanyaan yang bisa terbersit di benak sang calon ibu.



Bila Anda mengikuti ketujuh tips berikut ini, maka kehamilan dan bayi yang sehat bukan lagi hal yang mengkhawatirkan.

Pertama, yakinkan kalau tubuh Anda memang siap untuk kehamilan. Anda wajib mengonsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter ahlinya untuk memastikan apakah ada perubahan perawatan diabetes Anda. Pun, bila Anda juga memiliki komplikasi diabetes, seperti hipertensi, penyakit ginjal, atau penyakit lainnya, Anda sebaiknya menjalani perawatan terhadap komplikasi itu sebelum mulai menjalankan rencana kehamilan Anda.

Kedua, fokus pada pengendalian gula darah karena ini adalah cara terbaik untuk mencegah komplikasi diabetes. Bahkan, pengendalian itu harus dilakukan sejak berbulan-bulan sebelum pembuahan.

Mengapa demikian?

Otak, sumsum tulang belakang, jantung, dan organ-organ jantung terbentuk segera setelah pembuahan, bahkan sebelum Anda menyadari kalau Anda sudah mengandung. Bila Anda tidak mengendalikan gula darah Anda di periode itu, maka akan memperbesar risiko cacat lahir, terutama gangguan pada otak, tulang belakang, dan jantung. Tetapi, bila Anda sudah mengendalikannya jauh-jauh hari, maka risiko cacat lahir bayi Anda akan sama dengan bayi yang dilahirkan oleh Ibu yang bukan penderita diabetes. Pengendalian darah yang baik juga akan mengurangi risiko keguguran dan bayi meninggal saat dilahirkan.

Dokter akan membantu Anda menetapkan target level gula darah pada sebelum atau pada masa awal kehamilan. Target itu akan dibuat sedekat mungkin dengan level normal, tergantung pada kondisi Anda.

Ketiga, terapkan prinsip diet sehat.

Setiap penderita diabetes yang sudah berkonsultasi dengan dokter biasanya memiliki daftar anjuran makanan sehat. Anda bisa tetap menjalankan diet itu di masa-masa persiapan kehamilan Anda. Tetapi, bila ternyata diet itu tidak mampu membantu Anda mencapai target level gula darah Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli diet. Ahli diet akan merancang daftar menu harian yang akan memenuhi kebutuhan Anda di masa sebelum dan ketika hamil.

Keempat, berolahraga. Aktivitas fisik adalah bagian penting dalam rancangan perawatan diabetes, termasuk saat mengandung. Jadikan olahraga ini sebagai rutinitas harian Anda.

Karena aktivitas fisik itu mempengaruhi gula darah, periksalah level gula darah Anda sebelum melakukan olahraga apapun, terutama bila Anda baru menggunakan insulin. Mungkin Anda akan membutuhkan cemilan sebelum olahraga sebagai tindakan mencegah gula darah rendah.

Kelima, kenali batas Anda. Jadi, bila Anda berencana untuk hamil, Anda dilarang untuk:

Melewatkan jadwal penggunaan insulin.
Merokok
Mengonsumsi alkohol.
Mengonsumi obat-obatan terlarang.
Keenam, konsumsilah paket Dynamic Trio dari High-Desert. Sekali lagi, Anda perlu mendiskusikan penggunaan paket suplemen ini dengan konsultan medis Anda.


Dynamic Trio, yang terdiri dari HD Bee Propolis, HD Pollenergy 520, dan HD Royal Jelly, akan membantu menjaga kondisi tubuh penderita diabetes agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut.

HD Bee Propolis akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Saat tubuh hendak mengeluarkan racun, maka HD Pollenergy 520 akan membantu sel-sel tubuh dalam melakukan proses tersebut. Dan, HD Royal Jelly akan membantu proses regenerasi sel.

Kinerja sinergis itu sangat dibutuhkan oleh calon ibu yang juga memiliki diabetes karena janin mendapatkan asupan nutrisi-nya dari tubuhnya. Itulah sebabnya, sang calon ibu harus memperhatikan kondisi tubuhnya sehingga kesehatannya dan kesehatan si jabang bayi bisa terjamin.

Terakhir, yakinkan diri Anda kalau kesabaran itu pasti akan membuahkan hasil. Penderita diabetes dianjurkan untuk menjalani persiapan kehamilan selama tiga sampai enam bulan sebelum melakukan pembuahan. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan pengendali kelahiran sampai dokter Anda memberikan lampu hijau. Penantian ini mungkin terasa panjang, namun Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan: kehamilan dan, kemudian, bayi yang sehat.

PEMESANAN DAN INFODETAIL HUB
Tedy
081210826227 / 02199259777
email: tdantco@gmail.com

Tidak ada komentar: